Analisis Beberapa hal yang Mempengaruhi Kesehatan Pribadi

Analisis Beberapa hal yang Mempengaruhi Kesehatan Pribadi

Jawaban: Hal – hal yang mempengaruhi kesehatan pribadi antara lain adalah udara, air, makanan dan minuman, keseimbangan emosi, olah raga teratur, dan isritahat yang cukup.

 

Penjelasan:

Pengertian dari pada kesehatan yaitu merupakan sebuah kondisi dimana tubuh dalam kondisi yang stabil atau umum dalam sistem koordinasi badan dan jiwa raga manusia serta pada makhluk hidup lainnya pada rata-rata angka yang normal. Ada dua jenis kesehatan yang sering kita dengar pada kesehatan manusia yaitu kesehatan jasmani dan kesehata rohani. Kesehatan jasmani meliputi koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Kesehatan rohani  didasari pada jiwa makhluk hidup atau manusia yang memiliki akal dan pikiran.

Ada 6 hal yang sangat penting serta mempengaruhi kesehatan pribadi manusia diantara kesehatan jasmani maupun rohani antara lain :

1. Udara

Pada proses ini udah merupakan hal yang penting dalam kesehatan kita. Pencemaran udara yang banyak terjadi sudah tidak bisa dipungkiri lagi sebagai faktor yang mempengaruhi kesehatan. Pada dasarnya udara yang kita hirup setiap hari dapat dipastikan tidak dalam keadaan yang baik ataupun dalam kondisi tercemar. Banyak nya pencemaran yang terjadi mengakibatkan udara tersebut tidak baik untuk dihirup diantaranya adalah Polusi kendaraan bermotor, asap pabrik dan asap rokok menjadi faktor dominan pencemaran udara.  Sangat disarankan baiknya jika kita melakukan hal preventif untuk meminimalisir resiko dari pencemaran udara. Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara yaitu menghijaukan perkarangan rumah kita dengan menanam pepohonan di sekitar rumah untuk menjaga agar lingkungan kita tetap segar.

2. Air

Air merupakan zat yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Tubuh manusia sebagian besar terdiri atas air. Pada dasarnya tubuh kita ingin tubuh kita sehat dengan cara memerlukan asupan air yang bersih dan sehat untuk menjaga agar semua organ berfungsi dengan baik. kita harus memastikan air yang kita konsumsi sehari-hari terbebas dari polusi serta bakteri.

3. Makanan dan minuman

makanan dan minuman sangat berpengaruh dalam hal kesehatan tubuh. Karena banyak makanan dan minuman yang terbuat dari bahan organik. Bahan bahan organik tersebut akan berdampak bagi tubuh kita apabila makanan dan minuman yang kita konsumsi tidak terkontrol dengan baik. Jadi untuk menanggulangi hal tersebut kita dapat mengurangi makanan siap saji, dan mengonsumsi makanan yang lebih segar dan alami. Hal ini untuk mengurangi dampak dari bahan organik tersebut.

4. Keseimbangan Emosi

Emosi sangat berperan dalam mempengaruhi kesehatan rohani manusia. Emosi seringkali dikaitkan dengan produksi hormon dalam tubuh. Di masa sekarang telah banyak pakar yang mengemukakan pentingnya kecerdasan emosi, karena hal itu cukup penting dalam menjaga kesehatan. Untuk menjaga emosi tetap stabil beraktivitas dan, berekspresi secara wajar dalam kehidupan sehari-hari

5. Olahraga Teratur

Jika pola hidup kita sehat, termasuk berolahraga secara teratur, tubuh kita dapat dikatakan sehat. Hampir semua orang sadar dan setuju akan pentingnya berolahraga. Sayang, hanya sedikit dari kita yang mau melakukannya.  Sangat disarankan agar setiap harinya kita dapat meluangkan waktu kita beberapa menit saja untuk berolahraga.

6. Istirahat Cukup

Tidur merupakan ritual yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Itulah kenapa Tuhan menciptakan siang dan malam. Tidur dibutuhkan agar dapat mengistirahatkan organ-organ tubuh manusia karena banyak aktifitas yang telah dilakukan tubuh. Saat kita tidur, metabolisme tubuh bekerja, dari mulai peremajaan sel-sel sampai kepada pembuangan sejumlah toksin yang ada di dalam tubuh.  Jangan sepelekan tidur. Untuk menjaga kesehatan diharapkan untuk memperbaiki pola tidur agar saat kita melakukan aktifitas dapat lebih maksimal.

 

 

Detil jawaban  

 

Kelas  :  11

Mapel : Penjaskes

Bab    : Menganalisis Konsep Pengukuran Kesehatan Jasmani

Kode  : 11.22.5

 

Kata Kunci : Jasmani, Rohani, tubuh, Kesehatan, Manusia.