Yang merupakan cara memanfaatkan konversi energi matahari ditunjukkan oleh nomor

Jawab :  

Energi surya ialah energi yang berupa sinar dan panas dari matahari. Energi surya ini dapat dimanfaatkan dengan menggunakan serangkaian teknologi seperti pemanas surya, fotovoltaik surya, listrik panas surya, arsitektur surya, dan fotosintesis buatan. Teknologi energi surya secara umum dikategorikan menjadi dua kelompok, yakni teknologi pemanfaatan pasif dan teknologi pemanfaatan aktif.

PEMBAHASAN :  

Energi  pada  saat  ini  mempunyai  peranan  yang  sangat  penting  dalam kehidupan manusia. Energi merupakan pendukung bagi kegiatan ekonomi nasional dan dipakai sebagai alat untuk mencapai tujuan sosial, ekonomi, dan lingkungan. Selama ini penyangga utama kebutuhan energi. masih mengandalkan minyak bumi. Sementara  itu  tidak  dapat dihindarkan  bahwa  minyak bumi  semakin  langka dan mahal harganya.

Dengan keadaan  semakin menipisnya  sumber energi  fosil tersebut, di  dunia sekarang  ini  terjadi  pergeseran  dari  penggunaan  sumber  energi  tak  terbaharui menuju  sumber  energi  terbaharui. Potensi  energi  terbarukan,  seperti :  biomassa, panas bumi,  energi surya,  energi air,  energi angin, energi  samudera, hydro  power sampai saat ini belum banyak dimanfaatkan, padahal potensi energi terbarukan ini sangatlah  besar  khususnya  di  Indonesia.

Energi surya merupakan salah satu energi yang sedang giat dikembangkan saat  ini  oleh  pemerintah  Indonesia  karena  sebagai  negara  tropis,  Indonesia mempunyai potensi energi  surya yang cukup  besar. Energi  surya  adalah sangat  luar  biasa karena tidak bersifat polutif, tidak dapat habis, dapat dipercaya dan tidak membeli. Kejelekannya  dari energi  surya  ini adalah  sangat  halus  dan  tidak  konstan. Arus energi surya yang rendah mengakibatkan dipakainya system dan kolektor yang luas permukaannya besar untuk mengumpul dan mengkonsentrasikan energi itu. Sistem kolektor ini berharga cukup mahal dan ada masalah lagi bahwa sistem-sistem  di bumi  tidak dapat  diharapkan  akan menerima persediaan  yang  terus  menerus dari energi surya. Hal ini berarti diperlukan semacam system penyimpanan energi atau konversi lain diperlukan untuk menyimpan energi pada malam hari serta pada saat cuaca mendung.

Untuk memanfaatkan  potensi energi surya tersebut, ada  2 (dua) macam teknologi yang sudah diterapkan, yaitu :

1. Teknologi energi surya fotovoltaik, digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik, pompa air, televisi, telekomunikasi, dan lemari pendingin di Puskesmas dengan kapasitas total ± 6 MW.

2. Teknologi energi surya termal, pada umumnya digunakan untuk memasak (kompor surya),  mengeringkan  hasil  pertanian  (perkebunan,  perikanan, kehutanan, tanaman pangan) dan memanaskan air. Beberapa  peralatan  yang  telah  yang  mengguanakan  energy  surya  termal seperti sistem atau unit berikut :

• Pengering pasca panen.

• Pemanas air domestic.

• Pemasak/oven.

• Pompa air (dengan Siklus Rankine dan fluida kerja Isopentane ).

• Penyuling air ( Solar Distilation/Still ).

• Pendingin (radiatif, absorpsi, evaporasi, termoelektrik, kompressip, tipe jet).

• Sterilisator surya.

• Pembangkit listrik dengan menggunakan konsentrator dan fluida kerja dengan titik didih rendah.

 

DETIL JAWABAN  

MAPEL : Biologi

KELAS : 10

MATERI : Ekologi

KATA KUNCI : Energi Surya, Konversi Energi Surya, Pemanfaatan Energi Surya

KODE SOAL : 4

KODE KATEGORISASI : 10.4.10