Apakah Kalian Mengetahui Apa Konsep Pendidikan Pada Anak Usia Dini, Yuk Simak Artikel Ini!

Anak Usia Dini

Anak secara intrinsik unik, relatif spontan dalam mengekspresikan perilakunya, aktif dan energik, egois (rasa ingin tahu yang tinggi dan keengganan untuk mengenal orang lain, atau ingin sendiri), tahu), dan sangat antusias terhadap banyak hal.

Anak cenderung suka berpetualang (ingin tahu), sangat imajinatif, mudah frustrasi, kurang lebih mampu memvisualisasikan tindakan, memiliki rentang perhatian yang rendah.

Prinsip-prinsip perkembangan Anak Usia Dini

Perkembangan anak  memiliki banyak aspek yang saling bergantung dan mempengaruhi satu sama lain . Salah satu cara belajar anak adalah melalui bermain, bermain merupakan sarana terpenting bagi anak yang dapat membantu interaksi sosial, emosional dan sosial. Perkembangan kognitif dan juga perkembangan anak. Kondisi yang baik untuk perkembangan dan pembelajaran anak adalah komunitas atau lingkungan yang saling Support dan aman.

Dalam Undang-Undang Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 Larangan I Pasal I Ayat 1 disebutkan bahwa “Pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu upaya pembinaan  anak sejak lahir sampai dengan bayi. rangsangan pendidikan untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak siap untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi. potensi anak sejak dini sebagai  persiapan untuk hidup dan bagi anak untuk beradaptasi dengan lingkungannya.Tujuan pendidikan anak usia dini juga agar anak dapat memahami agamanya, keberadaan Tuhan, mengelola keterampilannya, menumbuhkan pemahamannya bahasa, berpikir logis, belajar memecahkan masalah, mengekspresikan diri terhadap lingkungan sekitar dan memiliki kepekaan terhadap efek produk dan musik yang berbeda. .

Pendidikan anak usia dini memiliki argumentasi yang logis bahwa masa kanak-kanak merupakan tahap yang sangat mendasar dari perkembangan anak.

Perkara keberadaan pendidikan anak usia dini sebagai sarana  pendidikan pra-sekolah dasar, adalah upaya pembingkaian yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dicapai melalui pemberian pendidikan yang menyenangkan untuk mendukung kemampuan jasmani dan pematangan serta perkembangan mental. agar anak siap memasuki dunia pendidikan.

Landasan-landasan lembaga pendidikan prasekolah atau Paud

  • Landasan yuridis atau peraturan perundang-undangan
  • Landasan filosofis – religius atau nilai-nilai kefilasafatan dan agama
  • Landasan keilmuan atau teori-teori keilmuan
  • Landasan empirik atau realitas dalam kehidupan

Menurut Ki Hadjar Dewantara, “Anak-anak berhak membuat pilihan yang terbaik bagi mereka (Tut Wuri Handayani). Dikutip dari Maria Montessori “lingkungan yang penuh kasih sayang dapat mengembangkan potensi anak secara optimal”. dan Menurut Piaget, “anak-anak adalah makhluk belajar yang aktif, mampu berkreativitas dan membangun pengetahuannya sendiri”

Yang perlu kita ketahui:

  1. Referensi karena menu pembelajaran pada PAUD merupakan rencana dan pengaturan kegiatan pendidikan dan perkembangan yang dirancang untuk memandu proses pembelajaran.
  2. Menu Pembelajaran Umum adalah keseluruhan program pendidikan untuk anak usia 6 tahun yang menyediakan layanan pengembangan anak usia dini dan kegiatan pendidikan
  3. Kegiatan pendidikan adalah serangkaian kegiatan proses pendidikan yang dilakukan secara terencana untuk mencapai tujuan akhir. hasil belajar jangka panjang.
  4. Pendidikan Anak Usia Dini adalah pendidikan dasar pra sekolah, suatu upaya pembinaan anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dicapai melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental sehingga anak siap untuk melanjutkan pendidikannya.
  5. Pembinaan Anak Usia Dini adalah upaya atau upaya masyarakat/pemerintah untuk membantu anak berkembang sesuai potensinya.
  6. TK adalah sarana untuk. Pendidikan dan peningkatan kesejahteraan anak yang berfungsi sebagai keluarga pengganti untuk jangka waktu tertentu, dengan syarat orang tua mempunyai kebutuhan tertentu.
  7. Pusat penitipan anak adalah layanan pendidikan untuk anak berusia 26 tahun yang membantu membimbing dan meletakkan dasar bagi pengetahuan dan pertumbuhan.
  8. Lembaga prasekolah jenis ini merupakan bentuk pelayanan pendidikan bagi anak sejak bayi sampai dengan memasuki pendidikan dasar, selain prasekolah dan kelompok bermain.

Sekian artikel yang kami sajikan untuk anda, semoga dengan artikel dapat menambah wawasan atau ilmu baru setelah membaca artikel ini.