Penerapan Manajemen Pendidikan Islam dalam Lembaga Kependidikan

Setelah melalui masa pandemi COVID-19 yang cukup panjang, banyak kegiatan belajar mengajar yang berlangsung secara online. Akibatnya pembelajaran menjadi kurang efektif, seperti sebelum  pandemi sering melalui interaksi tatap muka antara siswa dan pendidik, tetapi karena pandemi, kita harus mengutamakan kesehatan sehingga pembelajaran online dibatasi.

Dalam mengajar, seorang pendidik harus tahu bagaimana mengajar siswa dengan lebih baik sehingga mereka memahami materi yang mereka pelajari. Tidak hanya  memberikan materi, namun pendidik perlu lebih bertanggung jawab sebagai pendidik agar setiap bahan ajar tidak terbuang percuma, peserta didik memahami lebih dalam. Dalam manajemen pendidikan Islam, sebagai salah satu cabang manajemen, fungsinya sangat penting agar para kritikus, ulama dan penerus bangsa  menjadi pembelajar dan pendidik yang baik dan berbudi luhur.

 

PENDAHULUAN

Mengenai pentingnya pendidikan, manajemen adalah proses penggunaan sumber daya yang efektif untuk mencapai tujuan, dalam rangka menciptakan efisiensi pembelajaran yang lebih tinggi.

Pendidikan Islam adalah pendidikan yang mengajarkan  ajaran Islam, syariat Islam atau syarat-syarat agama Islam dalam pengaturan kehidupan dengan mendorong dan melatih kepribadian muslim karena Allah SWT. Dalam manajemen pendidikan Islam, khususnya penerapan pendidikan Islam dan manajemen kehidupan. Hal ini sangat membantu dalam mengembangkan pembelajaran bagi pendidik untuk mengajarkannya kepada anak didiknya. Secara keseluruhan, pendidikan Islam di sekolah atau madrasah bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan keimanan dengan mengajarkan dan membekali peserta didik dengan pengetahuan, penghayatan, dan pengalaman  tentang agama Islam agar menjadi manusia muslim yang terus bertumbuh dalam  keimanan, ketakwaan, bangsa. dan Negara, serta  dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.  Dalam penerapannya,  seorang pendidik tentunya membutuhkan kurikulum agar pembelajaran yang disampaikannya lebih mudah dipahami oleh anak didiknya. Khususnya untuk metode penerapan antara manajemen kehidupan dan penerapan pendidikan Islam. Di sinilah administrasi pendidikan Islam memiliki peran yang sangat penting sebagai sumber daya bagi  pendidik dalam mengajar karena dalam manajemen pendidikan Islam kita diajarkan lebih banyak tentang peningkatan kualitas interaksi antara pendidik dan siswa untuk pembelajaran yang efektif.

 

MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM

Manajemen merupakan proses kerjasama antara dua orang atau lebih dalam satuan organisasi pendidikan dengan menggunakan segala sumber daya manusia maupun sumber daya yang lain menuju suatu pencapaian tujuan pendidikan yang diharapkan. Dalam suatu pengajaran, seorang pendidik pasti membutuhkan kurikulum untuk membantu proses pengajarannya.

Sebagai siswa juga yang mengalami suatu pembelajarannya pastinya memerlukan suatu kurikulum yang dapat membuatnya memahami tentang apa yang dipelajarinya. Kurikulum disini juga fungsinya untuk mengatur suatu jalannya suatu kegiatan terutama dalam belajar mengajar.

Kurikulum pendidikan islam merupakan suatu rancangan atau program studi yang berhubungan dengan materi atau pelajaran islam, tujuan proses pembelajaran, metode dan pendekatan, serta bentuk evaluasinya.

Manajemen kurikulum pendidikan islam dapat disimpulkan sebagai proses penggunaan sumber daya yang berkualitas guna memberikan rancangan program studi yang berhubungan dengan pendidikan islam. Kurikulum digunakan sebagai pedoman pembelajaran yang harus dikelola secara efektif dan efisien demi tercapainya tujuan pendidikan.

 

PENGAPLIKASIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM LEMBAGA KEPENDIDIKAN

Manajemen pendidikan islam merupakan salah satu usaha atau cara yang dapat dilakukan untuk mencapai suatu tujuan, terutama dalam lembaga kependidikan. Manajemen pendidikan islam memiliki beberapa tujuan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Tujuan menjadi penting dalam manajemen pendidikan islam agar program pendidikan yang menjadi prioritas lembaga pandidikan islam mampu dilaksanakan dan bisa berjalan secara lancar.

Dalam kehidupan lembaga kependidikan, manajemen pendidikan islam  merupakan suatu alat untuk mencapai tujuan pendidikan, hal itu dilakukan dengan cara dilaksanakannya dalam bidang pendidikan. Bidang-bidang pendidikan yang dapat menjadi suatu penunjang dalam proses belajar mengajar.

Sebagai pendidik dan peserta didik memiliki suatu cakupan yang berbeda-beda, terutama bagi pendidik yang punya usaha tanggung jawab untuk mengajar dan menyampaikan sebuah ilmunya agar dapat dipahami oleh peserta didiknya. Pendidik juga bukan hanya sekedar berkaitan dengan kegiatan belajar dan mencatat saja, tetapi mereka juga memiliki upaya untuk memperoleh pengetahuannya atau mengapresiasikan suatu keinginannya untuk menghasikan suatu pemikirannya.

Manajemen pendidikan islam dapat di aplikasikan dalam setiap kelembagaan pendidikan, dalam kepemimpinan pun manajemen pendidikan islam mengatur baik buruknya agar sesuatu yang dipimpinnya berjalan lancar.

Contohnya kepemimpinan kepala sekolah, dalam kepemimpinan kepala sekolah seseorang yang memimpin harus memiliki visi misi nya untuk menjalankan kelmbagaannya agar berjalan sesuai tujuan yang diharapkan. Bukan hanya untuk memajukan sekolahnya saja, tetapi juga harus bisa memimpin dan memberi contoh yang baik dan benar kepada para guru dan muridnya.

Selain itu, kepemimpinan dalam lembaga pendidikan juga harus menyediakan sarana dan prasarana dalam lembaganya agar segala sesuatu yang diharapkan dalam pendidikan sesuai dengan tujuan dan tercapai dengan lancar.

 

PENUTUP

Manajemen memiliki peranan penting dalam dunia lembaga pendidikan, terutama untuk mengatur jalannya suatu usaha untuk mencapai tujuan. Manajemen pendidikan islam tidak jauh berbeda dengan manajemen organisasi pada umumnya, tetapi manajemen pendidikan islam harus dibangun dengan nilai-nilai keislaman yang merujuk dalam Al-Qur’an dan Hadits.

Agar terciptanya suatu lembaga kependidikan dalam islam, manajemen pendidikan islam mengatur segalanya terutama dalam usaha pengajaran dan pembelajaran bagi seorang pendidik dan para siswanya.