Yuk Mengenal Apa Saja Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan

Apa itu dasar-dasar Ilmu pendidikan?

Artinya, ilmu ini mengkaji hal-hal dasar yang harus dipahami oleh seorang pendidik atau pendidik masa depan ketika hendak mengajar anak didiknya. Mengetahui siapa siswa dan karakteristiknya akan menentukan keberhasilan seorang pendidik dalam mengubah atau memimpin siswanya.

Hakikat manusia juga memiliki banyak arti, bahwa manusia adalah makhluk hakiki yang dapat mengubah kehidupan untuk memenuhi kebutuhannya dan manusia adalah individu yang tunduk pada pengaruh lingkungan yang kuat, termasuk lingkungan sosial, mereka pada kenyataannya tidak dapat berkembang ke arah mereka sendiri. martabat manusia tanpa hidup dalam lingkungan sosial dan lingkungan lainnya.

Pertanyaan tentang bagaimana realitas kemanusiaan tergantung pada orang atau diri individu. Sebagai manusia, kita memiliki hak dan kewajiban yang harus kita jalankan, dimana hak dan kewajiban tersebut harus sejalan. Jika kita ingin memiliki hak, pertama-tama kita harus memenuhi kewajiban kita.

Kemudian mengenai pendidikan pasti memiliki landasan.

Berikut jenis-jenis landasan Pendidikan:

  1. Landasan religius, yaitu praanggapan yang berakar pada agama atau agama sebagai titik tolak dalam konteks praktik pendidikan dan/atau penelitian pendidikan.
  2. Landasan filosofis pendidikan, yaitu asumsi-asumsi yang berakar pada filsafat yang menjadi titik tolak dalam konteks praktik pendidikan dan/atau kajian pedagogis.
  3. Landasan keilmuan pendidikan mencakup asumsi-asumsi dari berbagai disiplin ilmu atau bidang yang menjadi titik tolak dalam konteks praktik pendidikan dan/atau kajian pendidikan. Diklasifikasikan menurut landasan keilmuan pendidikan, antara lain: landasan psikologi pendidikan, landasan sosiologis pendidikan, landasan antropologis pendidikan, landasan historis pendidikan seks, dsb. Basis ilmiah pendidikan disebut juga sebagai basis empiris pendidikan atau basis bukti pendidikan.
  4. Landasan yuridis atau hukum pendidikan dibentuk oleh premis-premis yang ditetapkan oleh undang-undang dan peraturan yang berlaku, yang merupakan titik awal untuk praktik pendidikan dan penelitian pedagogis.

Mengenai Sistem Pendidikan Di Indonesia

Beberapa sistem telah diterapkan di Indonesia, antara lain:

  1. Sistem pendidikan Indonesia didasarkan pada nilai-nilai.

Sistem pendidikan ini sudah ada sejak sekolah dasar. Di sini, siswa belajar kejujuran, toleransi, disiplin, dan lain-lain. Nilai ini disampaikan melalui mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan, bahkan nilai iniĀ  disampaikan pada jenjang sekolah menengah pertama dan atas. Balita dan masa kanak-kanak adalah masa yang paling menyenangkan bagi seorang anak karena dengan bermain ia bisa belajar banyak. Namun di Indonesia, pengenalan pendidikan pada usia dini sudah mulai diterapkan. Beberapa bahkan masih di usia dini, seperti menempatkan mereka di kelompok bermain dan tempat penitipan anak untuk mengajar les privat.

  1. Indonesia menganut sistem pendidikan terbuka.

Dalam sistem pendidikan ini, siswa harus mampu bersaing dengan teman sebayanya, berpikir kreatif dan berinovasi. Pembelajaran sistem terbuka menempatkan siswa sebagai pusat dari semua proses belajar dan mengajar. Siswa secara aktif dan bertanggung jawab mengelola proses belajarnya, mereka dapat menentukan apa yang mereka pelajari, dapat belajar di mana saja, kapan saja, dalam bentuk apa pun, dengan menggunakan apa saja dan mereka sendiri dapat mengukur keefektifannya sesuai kebutuhan dan keinginan.

  1. Sistem pendidikan yang beragam.

Indonesia terdiri dari banyak suku, bahasa, daerah, budaya, dan banyak lagi. Begitu pula dengan pendidikan Indonesia yang meliputi pendidikan formal, nonformal, dan nonformal.

  1. Sistem pendidikan yang efektif dalam manajemen waktu.

Dalam KBM, waktu diatur sedemikian rupa sehingga siswa tidak merasa kewalahan dengan topik yang disajikan karena waktunya terlalu singkat atau sebaliknya.

  1. Sistem pendidikan yang menyesuaikan dengan perubahan zaman

Dalam sistem ini, masyarakat Indonesia harus menyesuaikan kurikulumnya dengan kondisi saat ini. Oleh karena itu, program studi di Indonesia sering mengalami perubahan/perubahan dari waktu ke waktu.

Sekian Penjelasan kami tentang apa saja dasar-dasar ilmu pendidikan, semoga dengan artikel ini menambah wawasan anda kelak.