Ada Berbagai Macam Pendidikan Karakter Yang Harus Kita Pahami

Macam-macam pendidikan karakter penting yang harus dipahami semua orang! Membahas sistem pendidikan di Indonesia tentunya merupakan hal yang sangat penting. Masyarakat tentunya memiliki kewajiban untuk dapat memahami pentingnya pendidikan bagi setiap negara. Karena pada dasarnya dengan sistem pendidikan yang tepat, setiap orang dapat memiliki kesempatan untuk maju. Hal ini akan mempengaruhi kemajuan dalam suatu negara yang bertahap.

Sistem pendidikan Indonesia, menurut kurikulum 2013, tentu berkaitan dengan pembangunan karakter siswa. Penanaman kepribadian yang dilakukan sejak dini tentunya akan membantu negara berkembang lebih jauh. Karena pada dasarnya memiliki kepribadian yang kuat akan membantu terciptanya kepribadian yang dominan nantinya. Untuk itu, penting bagi setiap orang untuk memahami pentingnya penyelenggaraan pendidikan di sekolah.

Pembahasan mengenai pendidikan terapan di sekolah, tentunya akan melibatkan banyak hal yang berbeda. Salah satunya terkait dengan macam-macam pendidikan karakter yang penting dilaksanakan di sekolah. Nah, pada kesempatan kali ini tentunya kita akan membahas tentang jenis dan jenis pendidikan. Dengan cara ini, orang akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa itu pendidikan. Untuk itu, penting bagi setiap orang untuk dapat menyimak penjelasan di bawah ini tentang jenis-jenis pendidikan yang penting untuk diperhatikan.

Pengertian Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter menurut Thomas Lickona adalah pendidikan untuk membentuk karakter seseorang melalui pendidikan karakter, yang hasilnya dapat dilihat dalam tindakan nyata seseorang, yaitu perilaku yang baik, jujur ​​dan bertanggung jawab. Sedangkan konsep kepribadian itu sendiri adalah nilai-nilai perilaku manusia dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia atau lingkungan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pendidikan adalah suatu proses atau perilaku seseorang yang dapat dijelaskan dengan kata-katanya secara ilmiah.

Tujuan Pendidikan Karakter

Tujuan menurut kemdiknas, yaitu:

  • Mengembangkan potensi kognitif efektif siswa sebagai manusia dan warga negara yang memiliki nilai budaya dan identitas nasional.
  • Menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan tanggung jawab pada mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa.
  • Mengembangkan kemampuan siswa untuk menjadi manusia yang mandiri, kreatif dan nasionalis.
  • Membangun lingkungan hidup sekolah sebagai lingkungan belajar yang aman, jujur, kreatif dan bersahabat serta berjiwa kebangsaan yang kuat dan tinggi.

 

Nilai Pendidikan Karakter

Nilai Menurut Sahlan dan Prasetyo, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan sejumlah nilai pendidikan karakter yang terbagi menjadi 18 nilai, yaitu:

  • Agama, agama adalah sikap ketaatan dan perilaku dalam menerapkan ajaran agamanya.
  • Kejujuran, kejujuran adalah perilaku yang didasarkan pada usaha untuk menjadi orang yang selalu dipercaya dalam perkataan, tindakan dan perbuatannya.
  • Toleransi dan toleransi adalah sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, suku, pendapat, sikap dan tindakan yang berbeda dari dirinya.
  • Disiplin Disiplin adalah tindakan menunjukkan perilaku tertib dan mengikuti berbagai aturan.
  • Ketekunan adalah perilaku yang menunjukkan upaya nyata untuk mengatasi hambatan dalam belajar dan mengerjakan pekerjaan rumah. Dan selesaikan misi sebaik mungkin.
  • Kreativitas adalah berpikir dan melakukan sesuatu untuk menciptakan cara baru atau hasil baru dari sesuatu yang sudah ada.
  • Kemandirian adalah sikap dan perilaku yang tidak mudah bergantung pada orang lain.
  • Demokrasi Demokrasi adalah cara berpikir, bersikap, dan bertindak yang menghormati hak dan kewajiban seseorang terhadap orang lain.
  • Rasa ingin tahu adalah sikap, tindakan untuk selalu berusaha menemukan lebih dalam dan lebih luas dari apa yang dipelajari, dilihat, dan didengar.
  • Nasionalisme Nasionalisme adalah cara berpikir dan bertindak yang bijaksana dengan mendahulukan kepentingan bangsa dan negara di atas diri sendiri dan golongannya.
  • Cinta Tanah Air, Cinta Tanah Air adalah cara berpikir, berbuat, dan bertindak yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan terhadap negara, lingkungan, masyarakat, budaya, ekonomi, dan politik bangsa.
  • Apresiasi prestasi adalah sikap dan tindakan yang menginspirasi seseorang untuk menciptakan sesuatu yang berguna bagi masyarakat dan mengakui serta menghormati keberhasilan orang lain.
  • Komunikasi adalah tindakan mengungkapkan kesenangan dalam berbicara, menghabiskan waktu dan bekerja dengan orang lain.
  • Cinta damai Cinta damai adalah sikap perkataan dan perbuatan yang membuat orang lain merasa senang dan aman dengan kehadirannya.
  • Suka membaca, gemar membaca adalah kebiasaan menghabiskan waktu membaca berbagai bacaan untuk memberikan kebajikan.
  • Peduli lingkungan, peduli lingkungan adalah sikap dan tindakan yang selalu berusaha mencegah kerusakan lingkungan alam sekitar dan berusaha memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.
  • Sosial budaya, sosial budaya, adalah sikap dan tindakan yang selalu membantu sesama dan masyarakat yang membutuhkan.
  • Tanggung jawab, tanggung jawab adalah sikap dan perilaku seseorang untuk memenuhi tugas dan kewajiban yang harus dimiliki terhadapnya. Kesimpulannya, pendidikan kepribadian bertujuan untuk membentuk dan membangun pola pikir, sikap dan perilaku siswa sehingga menjadi pribadi yang positif, berkepribadian baik, berjiwa tinggi, dan menjalani hidup dengan tanggung jawab.

Inilah Macam-macam Pendidikan Karakter yang Harus Dipahami.

Macam-macam Pendidikan Karakter Salah Satunya Religiusitas

Penanaman Karakter Religius tentunya merupakan hal yang sangat penting untuk diterapkan pada peserta didik. Pada dasarnya, memiliki karakter religius yang lebih kuat dalam diri seseorang membantu dalam mencapai kehidupan yang lebih baik. Nah, salah satu bentuk pendidikan yang perlu diterapkan di sekolah adalah pendidikan karakter agama. Dengan penanaman tokoh agama yang tepat, siswa akan mampu menjadi pribadi yang religius.

Menumbuhkan Kebersihan Diri dan Lingkungan

Menumbuhkan kebiasaan hidup bersih bagi diri sendiri dan lingkungan tentunya menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Salah satu macam-macam pendidikan karakter yang harus diterapkan di sekolah adalah praktik kebiasaan hidup sehat. Karena sangat penting untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Dengan begitu, setiap siswa akan menjadi pribadi yang lebih bersih dan selalu menjaga pola hidup sehat. Karena tentunya akan mempengaruhi kesehatan fisik dan mental masyarakat.

Mengembangkan Sikap Peduli

Dalam pendidikan, penting bagi setiap orang untuk menjadi orang yang peduli. Hal ini penting dalam budaya pendidikan di sekolah. Pengembangan sikap peduli pada setiap siswa nantinya akan membantu tercapainya rasa saling menghargai dan tolong menolong. Hal ini sesuai dengan tujuan nasional yaitu menjadikan setiap manusia hidup Bersama.